Laporan Analisis Penerapan E-Business

LAPORAN ANALISIS PENERAPAN E-BUSINESS
PERENCANAAN E-BUSINESS
PT. TRAVELOKA (TRAVELOKA.COM)
Dosen Pengampu: Widya Setiafindari, S.T., M.Sc




Disusun Oleh:
Lukluk Mukhoyaroh            5170611037
Nanda Nurfadilah                 5170611064


PROGRAM STUDI TEKNIK INDUSTRI
FAKULTAS SAINS DAN TEKNOLOGI
UNIVERSITAS TEKNOLOGI YOGYAKARTA

YOGYAKARTA
2019

BAB I

PENDAHULUAN


1.1 Latar Belakang

            E-business adalah kegiatan bisnis yang dilakukan secara otomatis dengan memanfaatkan teknologi elektronik seperti komputer dan internet. E-business memungkinkan suatu perusahaan untuk berhubungan dengan sistem pemrosesan data internal dan eksternal secara lebih efisien dan fleksibel.  Kemajuan teknologi informasi saat ini  mengalami perkembangan yang pesat, dengan bantuan gadget  informasi dapat disebar luaskan. Gadget tidak hanya digunakan sebagai alat penunjang komunikasi jarak jauh, dengam bantuan internet manusia dapat mengaskses aplikasi- aplikasi lebih mudah untuk mendaptkan informasi. Sehubungan dengan para pemakai internet di Indonesia yang meningkat, maka hal ini tentunya juga berdampak pada pola pembelian yang instan dan dapat melakukan layanan reservasi melalui internet sekaligus proses ticketing-nya, yang di dalam dunia penerbangan atau airline sering disebut dengan online system atau electronic ticketing (Atmadjati, 2012).
Salah satu situs yang dapat mendukung hal tersebut adalah, Traveloka. Traveloka adalah perusahaan yang menyediakan layanan pemesanan tiket pesawat dan hotel secara daring dengan fokus perjalanan domestik di Indonesia. Traveloka memiliki solusi untuk memudahkan  untuk memesan tiket, hotel termurah secara via online (traveloka.com).

1.2 Tujuan Penelitian

Adapun tujuan pada penulisan laporan ini adalah sebagai berikut:
1. Dapat mengetahui tentang profil perusahaan Traveloka
2. Mengetahui analisis swot perusahaan
3. Mengetahui strategi perusahaan dan pemasaran sebagai perusahaan e-commerce.

1.3 Manfaat Penelitian

Adapun manfaat yang didapat dari laporan ini adalah sebagai berikut:
1.      Dapat mengetahui tentang perusahaan berbasis E-commerce.
2.      Mengetahui hasil analisis swot perusahaan.
3.      Dapat mengetahui strategi pada perusahaan dan strategi pemasaran dan masalah yang dihadapi dalam perusahaan.

BAB  II

PEMBAHASAN


2.1       Profil Perusahaan

2.1.1 Sejarah Traveloka

Traveloka adalah perusahaan yang menyediakan layanan pemesanan tiket pesawat dan hotel secara daring dengan fokus perjalanan domestik di Indonesia. Traveloka didirikan oleh Ferry Unardi. Perusahaan didirikan pada tahun 2012.  Pada saat mendirikan traveloka ferry menyatakan bahwa bisnis ini mengacu untuk mengembangkan sistemnya, mulai dari analisis e-commercenya, sistem enterprisenya, coding dan sebagainya. Totallynya  mengadalkan skill, tidak ada investor / perusahan yg pada saat itu bantu. Kami buat programnya dari scratch, dan setelah 6 bulan baru kita buka (public beta). Pada pertengahan tahun 2013 Traveloka kemudian berubah menjadi situs reservasi tiket pesawat dimana pengguna dapat melakukan pemesanan di situs resminya. Pada bulan Maret 2014, Ferry Unardi menyatakan bahwa Traveloka akan segera masuk ke bisnis reservasi kamar hotel. Pada bulan Juli 2014, jasa pemesanan hotel telah tersedia di situs Traveloka.
Traveloka sendiri saat ini berkembang sebagai salah satu startup tersukses di Indonesia. Sejak didirikan pada tahun 2012, Bisnisnya tidak hanya melayani penjualan tiket pesawat saja namun sudah merambah jasa reservasi hotel, tiket kereta api, top up pulsa, dan tiket event.


Ferry Unardi sebagai Chief Executive Officer at PT Traveloka Indonesia.

2.1.2 Logo Perusahaan


2.1.3      Visi dan Misi Traveloka
Visi
  1. Menjadikan travelling lebih mudah, cepat dan menyenangkan melalui teknologi
  2.  Menjadi salah satu perusahaan biro perjalanan wisata (agen perjalanan) terbaik di Indonesia
  3. Berkonstribusi di dalam meningkatkan industrI pariwisata dan transportasi perjalanan di Indonesia

Misi
1.      Selalu menghadirkan produk-produk dan layanan terbaik
2.      Memberikan kemudahan dan kenyamanan bagi setiap pelanggan
3.      Secara terus menerus meningkatkan kemampuamn SDM dan insfrastuktur perusahaan sehingga dapat memberikan pelayanan yang terbaik kepada seluruh pelanggannya
4.      Menjalin dan meningkatkan kerjasama dengan semua mitra usah abaik domestik dan internasional

2.2       Strategi Pemasaran Traveloka

Strategi bisnis Traveloka ini mulai menyasar millenial dengan cara menambahkan berbagai fitur yang praktis dan memudahkan. Mayoritas generasi millenial memang menginginkan sesuatu hal yang cepat, mudah, praktis dan tidak merepotkan. Dengan meningkatnya jumlah pengguna internet menyebabkan banyaknya perusahaan mengubah struktur belanja masyarakan berdasarkan kondisi secara online. Persahaan dapat mengarahkan untuk memahami tingkat kepercayaan konsumen terhadap perusahaan dan konsumen merasa puas atas informasi yang tersedia pada situs penjualan.
Traveloka juga gencar melakukan promosi melalui social media, seperti Instagram, twitter, facebook, dan youtube. Traveloka lebih menonjolkan keindahan alam Indonesia, sehingga membuat para pelanggan tertarik.

2.3       Analisa SWOT

·         Strength
  Ø Berbasis aplikasi mobile, sehingga Traveloka mudah untuk diakses dan digunakan oleh masyarakat dimana saja dan kapan saja tanpa harus datang ke bandara .
  Ø Selain itu masyarakat/pengguna juga dapat melihat informasi-informasi harga pesawat dan hotel dengan mudah setiap saat dengan mudah.
  Ø Harga-harga yang ada di traveloka  juga lebih murah dan menjangkau masyarakat . selain itu juga banyak pilihan harga sesuai dengan keingginan penggunanya.
  Ø Marketing budget yang wow!
     Ø Karena bekerjasama dengan berbagai jenis maskapai penerbangan dan hotel. Sehingga memudahkan masyarakat/pengguna untuk memilih maskapai penerbangan sesuai dengan keinginan mereka.
      Ø Traveloka juga menyediakan berbagai informasi seperti, harga tiket, jenis maskapai, waktu penerbangan, tiket promo, berat bagasi setiap pesawat dengan akurat. Sehingga masyarakat/pengguna dapat memesan pesawat/hotel sesuai dengan kondisi keuangannya dan merencanakan keberangkatannya.
      Ø Menampilkan banyak pilihan mulai dari harga, tempat, waktu dll
      Ø Online travel agent terbesar dan terpercaya yang bekerja sama dengan banyak airline dan hotel dalam menghadirkan promo dan harga khusus tiap harinya
      Ø Memiliki hasil pencarian yang lengkap
      Ø Menampilkan informasi dari setiap pilihan yang ada
      Ø Smart Algorithm, dimana berusaha mencari tiket pesawat terbaik dari segi harga, lama perjalanan,   waktu terbang, kombinasi maskapai dan lain sebagainya sesuai dengan teknologi terbaru.
·         
     Weakness
      Ø  Kepercayaan masyarakat akan transaksi online masih kurang, sehingga banyak masyarakat masih menggunakan layanan pemesanan tiket pesawat secara manual.
Ø  Tidak semua orang bisa menggunakan Teknologi/ gagap teknologi atau aplikasi mobile.
Ø  Harga tiket yang ditampilkan hanya merupakan harga tiket pesawat dan hotel, belum memberikan informasi untuk semua travel yang ada (contohnya seperti pemesanan tiket kereta api ataupun pemesanan tiket kapal laut).
·        
      Opportunity
Ø  Karena keperluan masayrakat untuk berpergian ke suatu tempat tertentu terus meningkat setiap saat dengan berbagai keperluan seperti pulang kampung, liburan, berbisnis. Menjadikan traveloka sebagai salah satu aplikasi yang banyak digunakan , karena mudah,cepat,terpecaya , dimanapun dan kapanpun bisa di akses.
Ø  Informasi yang ditampilkan up to date, sehingga orang-orang yang selalu mengunjungi Traveloka apabila ingin memesan tiket pesawat ataupun kamar hotel
Ø  Menampilkan harga tiket pesawat dan kamar hotel mulai dari yang termurah hingga yang termahal sehingga orang-orang dapat memilih sesuai keinginannya masing-masing
·       
           Threat
Ø  Mulai muncul aplikasi-aplikasi yang serupa dengan campaign yang lebih menarik, seperti tiket.com, nusatrip,  pegipegi, utiket, tiket2, airpaz, ezytravel , dll. Sehingga traveloka harus memutar otak untuk memikirkan ide-ide kreatif untuk publikasi dan bagaimana caranya untuk bersaing dengan yang lain.

2.4  Kelebihan dan kekurangan traveloka

Kekurangan traveloka :
  • Halaman awal sangat rumit untuk pencarian
  •  Fokus kepada situs boking domestic
  •  Pencarian hotel masih sangat kecil informasi

 Kelebihan traveloka
  • Pencarian tiket dan hotel dalam negeri lebih unggul
  • Terdapat penjelasan cara pemakaian traveloka itu sendiri
  • Mudah dalam pembayaran
  • Cepat dalam memberikan informasi
  • Kerja sama dengan maskapai dan hotel sehingga mudah dalam informasi.

2.5 Traveloka juga menyediakan beragam fitur keamanan

1.  Koneksi privat yang aman

Mengakses situs traveloka baik dengan desktop maupun mobile, sama-sama terjamin keamanan dan kerahasiaannya. Traveloka memakai jaringan privat yang menjaga semua transaksi mu dari pengintaian pihak tak bertanggung jawab sebab memakai jaringan https terenkripsi yang keamanannya telah teruji. Hal ini benar dengan digunakannya jaringan ini oleh hampir semua situs perbankan di dunia.
HTTPS terenkripsi menjamin setiap transaksi berjalan aman meskipun kamu memakai jaringan public hostpot atau wifi untuk menggunakan traveloka. Kok bisa? Sebab semua kegiatan dan transaksimu di traveloka selanjutnya akan di ubah menjadi kode acak yang tak mudah terbaca. Maksudnya, hanya kamu sendiri yang bisa melihat riwatat transaksimu di traveloka.
2.  Pengamanan data kartu kredit
Zaman sekarang, kartu kredit menjadi salah satu properti pembayaran yang banyak dipakai di dunia. Jadi tidak heran jika traveloka juga menyediakan cara pembayaran dengan memakai kartu kredit. Apabila kamu biasa memakai kartu kredit sebagai alat pembayaran ditraveloka, kamu dapat benapas lega. Bersama cyberSource, traveloka mengamankan kerahasiaan data kartu kreditmu setiap kali kamu bertransaksi.
CyberSource yaitu anak perusahaan visa yang telah berpengalaman di bagian pengamanan transaksi memakai kartu kredit. Setiap kali kamu melakukan transaksi dengan memakai kertu kredit, data kartu kreditmu tak akan bocor ke tangan orang lain sebab cyberSource merubahnya menjadi kode acak yang mustahil terbaca.
3. Pantauan 24 jam sehari
Selama 24 jam setiap harinya, traveloka memantau dan menjaga akunmu agar tak dipakai oleh pihak lain yang ingin mengambil laba darimu. Setiap kali ada kegiatan yang dianggap mencurigakan seperti adanya login di perangkat berbeda, traveloka akan memberitahumu melewati email ataupun sms. Ini untuk memastikan bahwa satu satunya orang yang pantas memakai akunmu untuk melakukan transaksi di traveloka yaitu dirimu sendiri. 
Pembuatan dan penyebaran traveloka yang sangat cepat ini tentu saja disebabkan sejumlah hal pendukung, yaitu 
1. Timing

Traveloka ada saat internet di Indonesia sedang menyebar luas. Hal ini membuat perusahaan yang berbasis online ini mendapatkan laba tersendiri.
2. Mudah
Proses yang mudah dan cepat pastinya akan membuat anda dapat menghemat lebih banyak waktu dan tenaga. Anda dapat mengerjakan semua prosesnya dari kantor ketika sedang istirahat makan siang bahkan di rumah ketika sedang bersantai dengan keluarga.
3. Harga termurah
Traveloka mempromosikan harga termurah dari pada dengan agen penjualan tiket online lawannya. Anda dapat membandingkan harga maskapai kesukaan anda dengan traveloka dengan membuka website traveloka.com. harga termudah ini salah satunya disebabkan traveloka tidak memberatkan biaya transaksi pada pelanggan. Anda cukup membayar harga tiket pesawat yang anda pesan.

BAB III

PENUTUP

3.1  Kesimpulan

Traveloka sebagai sarana untuk pemesanan e-ticket menjadi pilihan yang baik. Murah dan mudahnya dalam proses reservasi membuat kita sebagai konsumen memilih yang lebih praktis. Dengan ide yang Kreatif dan Inovatif, Traveloka terus berinovasi dalam jasa tiketing online



Sumber :






Comments