LAPORAN ANALISIS PENERAPAN E-BUSINESS
PERENCANAAN E-BUSINESS
PT. TRAVELOKA (TRAVELOKA.COM)
Dosen Pengampu: Widya
Setiafindari, S.T., M.Sc
Disusun Oleh:
Lukluk Mukhoyaroh 5170611037
Nanda Nurfadilah 5170611064
PROGRAM STUDI TEKNIK INDUSTRI
FAKULTAS SAINS DAN TEKNOLOGI
UNIVERSITAS TEKNOLOGI YOGYAKARTA
YOGYAKARTA
2019
BAB
I
PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang
E-business
adalah kegiatan bisnis yang dilakukan secara otomatis dengan memanfaatkan
teknologi elektronik seperti komputer dan internet. E-business memungkinkan
suatu perusahaan untuk berhubungan dengan sistem pemrosesan data internal dan eksternal
secara lebih efisien dan fleksibel. Kemajuan
teknologi informasi saat ini mengalami perkembangan yang pesat, dengan
bantuan gadget informasi
dapat disebar luaskan. Gadget tidak hanya digunakan sebagai alat
penunjang komunikasi jarak jauh,
dengam bantuan internet manusia dapat mengaskses
aplikasi- aplikasi lebih mudah untuk mendaptkan informasi. Sehubungan
dengan para pemakai internet di Indonesia yang meningkat, maka hal ini tentunya
juga berdampak pada pola pembelian yang instan dan dapat melakukan layanan
reservasi melalui internet sekaligus proses ticketing-nya,
yang di dalam dunia penerbangan atau airline
sering disebut dengan online system
atau electronic ticketing (Atmadjati,
2012).
Salah
satu situs yang dapat mendukung hal tersebut adalah, Traveloka. Traveloka adalah perusahaan yang menyediakan layanan
pemesanan tiket pesawat dan hotel secara daring dengan fokus perjalanan
domestik di Indonesia. Traveloka
memiliki solusi untuk memudahkan untuk
memesan tiket, hotel termurah secara via online (traveloka.com).
1.2 Tujuan Penelitian
Adapun tujuan pada penulisan
laporan ini adalah sebagai berikut:
1. Dapat mengetahui
tentang profil perusahaan Traveloka
2. Mengetahui analisis
swot perusahaan
3. Mengetahui strategi
perusahaan dan pemasaran sebagai perusahaan e-commerce.
1.3 Manfaat Penelitian
Adapun manfaat yang
didapat dari laporan ini adalah sebagai berikut:
1. Dapat mengetahui
tentang perusahaan berbasis E-commerce.
2. Mengetahui hasil
analisis swot perusahaan.
3. Dapat mengetahui
strategi pada perusahaan dan strategi pemasaran dan masalah yang dihadapi dalam
perusahaan.
BAB II
PEMBAHASAN
2.1 Profil
Perusahaan
2.1.1 Sejarah Traveloka
Traveloka adalah
perusahaan yang menyediakan layanan pemesanan tiket pesawat dan hotel secara
daring dengan fokus perjalanan domestik di Indonesia. Traveloka didirikan oleh Ferry Unardi. Perusahaan didirikan
pada tahun 2012. Pada saat mendirikan traveloka ferry menyatakan bahwa bisnis ini mengacu
untuk mengembangkan sistemnya, mulai dari analisis e-commercenya,
sistem enterprisenya, coding dan sebagainya. Totallynya mengadalkan skill,
tidak ada investor / perusahan yg pada saat itu bantu. Kami buat programnya
dari scratch, dan setelah 6 bulan baru kita buka (public
beta). Pada pertengahan tahun 2013 Traveloka kemudian berubah
menjadi situs reservasi tiket pesawat dimana pengguna dapat melakukan pemesanan di situs resminya. Pada bulan
Maret 2014, Ferry Unardi menyatakan bahwa Traveloka akan segera masuk ke bisnis
reservasi kamar hotel. Pada bulan Juli 2014, jasa pemesanan hotel telah
tersedia di situs Traveloka.
Traveloka sendiri saat ini berkembang
sebagai salah satu startup tersukses
di Indonesia. Sejak didirikan pada tahun 2012, Bisnisnya tidak hanya melayani
penjualan tiket pesawat saja namun sudah merambah jasa reservasi hotel, tiket
kereta api, top up pulsa, dan tiket event.
Ferry Unardi sebagai Chief Executive Officer at PT Traveloka Indonesia.
2.1.2 Logo Perusahaan
2.1.3 Visi dan
Misi Traveloka
Visi
- Menjadikan travelling lebih mudah, cepat dan menyenangkan melalui teknologi
- Menjadi salah satu perusahaan biro perjalanan wisata (agen perjalanan) terbaik di Indonesia
- Berkonstribusi di dalam meningkatkan industrI pariwisata dan transportasi perjalanan di Indonesia
Misi
1.
Selalu
menghadirkan produk-produk dan layanan terbaik
2.
Memberikan
kemudahan dan kenyamanan bagi setiap pelanggan
3.
Secara terus
menerus meningkatkan kemampuamn SDM dan insfrastuktur perusahaan sehingga dapat
memberikan pelayanan yang terbaik kepada seluruh pelanggannya
4.
Menjalin dan
meningkatkan kerjasama dengan semua mitra usah abaik domestik dan internasional
2.2 Strategi
Pemasaran Traveloka
Strategi
bisnis Traveloka ini mulai menyasar millenial dengan cara menambahkan berbagai
fitur yang praktis dan memudahkan. Mayoritas generasi millenial memang
menginginkan sesuatu hal yang cepat, mudah, praktis dan tidak merepotkan. Dengan
meningkatnya jumlah pengguna internet menyebabkan banyaknya perusahaan mengubah
struktur belanja masyarakan berdasarkan kondisi secara online. Persahaan dapat mengarahkan
untuk memahami tingkat kepercayaan konsumen terhadap perusahaan dan konsumen merasa puas atas informasi yang tersedia
pada situs penjualan.
Traveloka juga gencar melakukan promosi melalui social media, seperti Instagram, twitter,
facebook, dan youtube. Traveloka lebih
menonjolkan keindahan alam Indonesia, sehingga membuat para pelanggan tertarik.
2.3 Analisa
SWOT
·
Strength
Ø Berbasis
aplikasi mobile, sehingga Traveloka mudah untuk diakses dan digunakan oleh
masyarakat dimana saja dan kapan saja tanpa harus datang ke bandara .
Ø Selain
itu masyarakat/pengguna juga dapat melihat informasi-informasi harga pesawat
dan hotel dengan mudah setiap saat dengan mudah.
Ø Harga-harga
yang ada di traveloka juga lebih murah dan menjangkau masyarakat .
selain itu juga banyak pilihan harga sesuai dengan keingginan penggunanya.
Ø Marketing
budget yang wow!
Ø Karena
bekerjasama dengan berbagai jenis maskapai penerbangan dan hotel. Sehingga
memudahkan masyarakat/pengguna untuk memilih maskapai penerbangan sesuai dengan
keinginan mereka.
Ø Traveloka
juga menyediakan berbagai informasi seperti, harga tiket, jenis maskapai, waktu
penerbangan, tiket promo, berat bagasi setiap pesawat dengan akurat. Sehingga
masyarakat/pengguna dapat memesan pesawat/hotel sesuai dengan kondisi
keuangannya dan merencanakan keberangkatannya.
Ø Menampilkan
banyak pilihan mulai dari harga, tempat, waktu dll
Ø Online
travel agent terbesar dan terpercaya yang bekerja sama dengan banyak airline
dan hotel dalam menghadirkan promo dan harga khusus tiap harinya
Ø Memiliki
hasil pencarian yang lengkap
Ø Menampilkan
informasi dari setiap pilihan yang ada
Ø Smart
Algorithm, dimana berusaha mencari tiket pesawat terbaik dari segi harga, lama
perjalanan, waktu terbang, kombinasi maskapai dan lain sebagainya sesuai dengan
teknologi terbaru.
·
Weakness
Ø Kepercayaan
masyarakat akan transaksi online masih kurang, sehingga banyak masyarakat masih
menggunakan layanan pemesanan
tiket pesawat secara manual.
Ø Tidak
semua orang bisa menggunakan Teknologi/ gagap teknologi atau aplikasi mobile.
Ø Harga
tiket yang ditampilkan hanya merupakan harga tiket pesawat dan hotel, belum
memberikan informasi untuk semua travel yang ada (contohnya seperti pemesanan
tiket kereta api ataupun pemesanan tiket kapal laut).
·
Opportunity
Ø Karena
keperluan masayrakat untuk berpergian ke suatu tempat tertentu terus meningkat
setiap saat dengan berbagai keperluan seperti pulang kampung, liburan,
berbisnis. Menjadikan traveloka sebagai salah satu aplikasi yang banyak
digunakan , karena mudah,cepat,terpecaya , dimanapun dan kapanpun bisa di
akses.
Ø Informasi
yang ditampilkan up to date, sehingga
orang-orang yang selalu mengunjungi Traveloka apabila ingin memesan tiket
pesawat ataupun kamar hotel
Ø Menampilkan
harga tiket pesawat dan kamar hotel mulai dari yang termurah hingga yang
termahal sehingga orang-orang dapat memilih sesuai keinginannya masing-masing
·
Threat
Ø Mulai
muncul aplikasi-aplikasi yang serupa dengan campaign
yang lebih menarik, seperti tiket.com, nusatrip, pegipegi, utiket,
tiket2, airpaz, ezytravel , dll. Sehingga traveloka harus memutar otak untuk
memikirkan ide-ide kreatif untuk publikasi dan bagaimana caranya untuk bersaing
dengan yang lain.
2.4
Kelebihan dan kekurangan traveloka
Kekurangan traveloka :
- Halaman awal sangat rumit untuk pencarian
- Fokus kepada situs boking domestic
- Pencarian hotel masih sangat kecil informasi
Kelebihan
traveloka
- Pencarian tiket dan hotel dalam negeri lebih unggul
- Terdapat penjelasan cara pemakaian traveloka itu sendiri
- Mudah dalam pembayaran
- Cepat dalam memberikan informasi
- Kerja sama dengan maskapai dan hotel sehingga mudah dalam informasi.
2.5 Traveloka juga menyediakan beragam fitur keamanan
1. Koneksi privat yang aman
Mengakses
situs traveloka baik dengan desktop maupun mobile, sama-sama terjamin keamanan
dan kerahasiaannya. Traveloka memakai jaringan privat yang menjaga semua
transaksi mu dari pengintaian pihak tak bertanggung jawab sebab memakai
jaringan https terenkripsi yang keamanannya telah teruji. Hal ini benar dengan
digunakannya jaringan ini oleh hampir semua situs perbankan di dunia.
HTTPS
terenkripsi menjamin setiap transaksi berjalan aman meskipun kamu memakai
jaringan public hostpot atau wifi untuk menggunakan traveloka. Kok bisa? Sebab
semua kegiatan dan transaksimu di traveloka selanjutnya akan di ubah menjadi
kode acak yang tak mudah terbaca. Maksudnya, hanya kamu sendiri yang bisa
melihat riwatat transaksimu di traveloka.
2. Pengamanan data kartu kredit
Zaman sekarang,
kartu kredit menjadi salah satu properti pembayaran yang banyak dipakai di
dunia. Jadi tidak heran jika traveloka juga menyediakan cara pembayaran dengan
memakai kartu kredit. Apabila kamu biasa memakai kartu kredit sebagai alat
pembayaran ditraveloka, kamu dapat benapas lega. Bersama cyberSource, traveloka
mengamankan kerahasiaan data kartu kreditmu setiap kali kamu bertransaksi.
CyberSource
yaitu anak perusahaan visa yang telah berpengalaman di bagian pengamanan
transaksi memakai kartu kredit. Setiap kali kamu melakukan transaksi dengan
memakai kertu kredit, data kartu kreditmu tak akan bocor ke tangan orang lain
sebab cyberSource merubahnya menjadi kode acak yang mustahil terbaca.
3. Pantauan 24 jam sehari
Selama 24
jam setiap harinya, traveloka memantau dan menjaga akunmu agar tak dipakai oleh
pihak lain yang ingin mengambil laba darimu. Setiap kali ada kegiatan yang
dianggap mencurigakan seperti adanya login di perangkat berbeda, traveloka akan
memberitahumu melewati email ataupun sms. Ini untuk memastikan bahwa satu
satunya orang yang pantas memakai akunmu untuk melakukan transaksi di traveloka
yaitu dirimu sendiri.
Pembuatan
dan penyebaran traveloka yang sangat cepat ini tentu saja disebabkan sejumlah
hal pendukung, yaitu
1. Timing
Traveloka
ada saat internet di Indonesia sedang menyebar luas. Hal ini membuat perusahaan
yang berbasis online ini mendapatkan laba tersendiri.
2. Mudah
Proses yang
mudah dan cepat pastinya akan membuat anda dapat menghemat lebih banyak waktu
dan tenaga. Anda dapat mengerjakan semua prosesnya dari kantor ketika sedang
istirahat makan siang bahkan di rumah ketika sedang bersantai dengan keluarga.
3. Harga termurah
Traveloka
mempromosikan harga termurah dari pada dengan agen penjualan tiket online
lawannya. Anda dapat membandingkan harga maskapai kesukaan anda dengan
traveloka dengan membuka website traveloka.com. harga termudah ini salah
satunya disebabkan traveloka tidak memberatkan biaya transaksi pada pelanggan.
Anda cukup membayar harga tiket pesawat yang anda pesan.
BAB III
PENUTUP
3.1
Kesimpulan
Traveloka
sebagai sarana untuk pemesanan e-ticket
menjadi pilihan yang baik. Murah dan mudahnya dalam proses reservasi membuat
kita sebagai konsumen memilih yang lebih praktis. Dengan ide yang Kreatif dan
Inovatif, Traveloka terus berinovasi
dalam jasa tiketing online
Sumber :
Comments