Studi atas Al-Quran telah banyak
dilakukan oleh para ulama dan sarjana tempo dulu, termasuk para sahabat pada
zaman Rasulullah saw. Hal itu tidak lepas dari disiplin dan keahlian yang dimiliki
oleh mereka masing-masing. Ada yang mencoba mengelaborasi dan melakukan
eksplorasi lewat perspektif keimanan historis, bahasa, sastra, pengkodifikasian
dan kemu’jizatan penafsiran. Kondisi semacam itu bukan hanya merupakan tanggung
jawab seorang Muslim untuk memahami bahasa-bahasa agamanya. Tetapi sudah
berkembang kepada nuansa lain yang menitikberatkan kepada studi yang bersifat
ilmiah yang memberikan kontribusi dalam perkembangan pemikiran dalam dunia
Islam. Kalangan sarjana Barat banyak yang melibatkan diri dalam pengkajian
Al-Quran, dengan motivasi dan latar belakang kultural maupun intelektual yang
berbeda-beda.Al-Quran sebagaimana diketahui terdiri dari 114 surat, yang di
awali dengan beberapa macam pembukaan (Fawatih as Suwar). Selain itu Studi Al Qur’an juga mengkaji kapan
dan dimana suatu ayat al Quran itu turun, baik itu kajian tentang Makiyah
maupun Madaniyyah.
A. FAWATIH AS SUWAR
I. PENGERTIAN
Menurut etimologis, Fawatih adalah jamak dari kata fatih atau fawatih yang berarti awalan/pembuka.
Sedangkan Suwar adalah jamak dari kata surah yang berarti sekumpulan
ayat-ayat Al-Qur’an yang diberi nama tertentu. Jadi, fawatih as-suwar
berarti beberapa pembuka dari surah-surah Al-Qur’an atau beberapa macam awalan
dari surah-surah Al-Qur’an. Sebab, seluruh surah Al-Qur’an yang berjumlah 114 surat itu dibuka dengan 10
pembukaan, dan tidak ada satu pun yang keluar dari 10 pembukaan tersebut. Dan tiap-tiap macam
pembukaan itu mempunyai rahasia/hikmah sendiri-sendiri. Diantara pembukaan itu ada
yang berbentuk al-muqatha’ah, kata, maupun kalimat.
Istilah fawatih
as-suwar sering dijumbuhkan orang dengan al-hurufull muqatha’ah.Diantaranya
adalah Dr. Shubhi Ash-Shalih dalam kitabnya Mabahits Fi ‘Ulumil Qur’an.
Karena itu, perlu ditegaskan bahwa fawatih as-suwar itu
berbeda dengan hurufull muqatha’ah yang hanya mempunyai salah
satu macam dari fawatih as-suwar.
II. MACAM-MACAM FAWATIH AS SUWAR
1) Pembukaan dengan
pujian kepada Allah SWT (Al-Istiftaahu Bits Tsanaa’i) :
a. Menetapkan sifat-sifat terpuji (Al-Itsbaabu Sifaatil Maddhi)
dengan menggunakan:
· Hamdalah, yang terdapat pada 5 surah, yaitu:
- Surah Al-Fatihah: “ أَلْحَمْدُلِلَهِ رَبِّ الْعَالَمِيْنَ “
- Surah Al-An’am: “ أَلْحَمْدُلِلّهِ الَّذِيْ خَلَقَ السَّموَاتِ وَالأَرْضَ“
- Surah Al-Kahfi: “ أَلحَمْدُلِلّهِ الَّذِيْ أَنْزَلَ عَلَى عَبْدِهِ الْكِتبَ”
- Surah Saba’: “أَلْحَمْدُلِلّهِ الَّذِيْ لَهُ مَافِى السَّموَاتِ وَالأَرْضِ“
-
Surah Fathir: “ أَلحَمْدُلَلّه الَّذِيْ فَاطِرِالسَّموَاتِ والْأَرْضَ “
·
Tabaaraka, yang terdapat dalam 2
surah, yaitu:
- Surah Al-Furqan: ” تَبَارَكَ الَّذيْ نَزَّلَ الْفُرْقأنَ عَلَى عَبْدِهِ”
-
Surah Al-Mulk: ” تَبَارَكَ الَّذِيْ بِيَدِهِ الْمُلْكُ “
b. Mensucikan
Allah SWT dari sifat-sifat negatif (Tanziihu ‘An Shifatin Nuqshaan) dengan menggunakan lafaz tasbih yang terdapat
dalam 7 surah, yaitu:
·
Surah Al-Isra’: سُبْحنَ الَّذِيْ اَسْرى
بِعَبْدِهِ لَيْلًا
(maha suci Allah yang
telah memperjalankan hambaNya pada suatu malam).
·
Surah Al-A’la: سَبِّحِ اسْمَ رَبِّكَ الأَعْلىَ
(sucikanlah nama Tuhanmu
yang paling tinggi).
·
Surah Al-Hadid: سَبَّحَ لِلهِ مَافِى السَّموَاتِ وَالأَرْضِ
(semua yang ada dilangit dan yang ada dibumi bertasbih pada Allah menyatakan
kebesaran Allah).
· Surah Al-Hasyr: سَبَّحَ لِلهِ مافِى
السَّموَاتِ وَمَا فِى الأَرْضِ
(telah bertasbih kepada Allah apa yang ada dilangit dan apa yang ada di bumi)
· Surah Al-Shaff: سَبَّحَ لِلهِ مَا فِى السَّموَاتِ وَمَا فِى
اًلأَرْضِ
(telah bertasbih kepada Allah apa saja yang ada dilangit dan apa saja yang
ada dibumi).
· Surah Al-Jum’ah: يُسَبِّحُ لِلهِ ما فِى
السَّموَاتِ وَمَا فِى الأَرْضِ
(telah bertasbih kepada Allah apa saja yang ada dilangit dan apa saja yang
ada dibumi).
·
Surah Al-Taghabun: سَبِّحُ لِلهِ ما فِى السَّمواتِ
وَما فِى الأَرْضِ
2) Pembukaan dengan huruf-huruf yang terputus-purus (Istiftaahu
Bil Huruufi Al-Muqaththa’ati).
Pembukaan dengan huruf-huruf ini terdapat dalam 209 surah dengan memakai 14
huruf dengan tanpa diulang, yakni: hamzah, ha’, ro’, sin, shod, tho’,
‘ain, qaf, kaf, lam, mim, nun, ha’, ya’.
Pembukaan dengan huruf-huruf tersebut dalam pembukaan surah-surah Al-Qur’an
disusun dalam 14 rangkaian, terdiri dari 5 kelompok, yaitu:
1.
Terdiri atas satu huruf, terdapat pada 3 tempat; Shad (surah
Shad), Qaf (surah Qaf), dan Nun (surah Al-Qalam).
2.
Terdiri atas dua huruf, terdapat pada sembilan tempat; حم (Q.S. Al Mu’min, Q.S. As
Sajdah, Q.S. Az Zuhruf, Q.S. Ad Duhkan, Q.S. Al Jatsiyah, dan Q.S. Al
Ahqaf); طه (Q.S.
Thaha); طس (Q.S.
An Naml); dan يس (Q.S. Yaasin).
3.
Terdiri atas tiga huruf, terdapat pada tiga belas tempat; الم (Q.S. Al Baqoroh, Q.S. Ali
Imron, Q.S. Ar Rum, Q.S. Lukman, dan Q.S. Sajdah); الر (Q.S. Yunus, Q.S. Hud, Q.S. Ibrahim, Q.S. Yusuf, dan Q.S. Al Hijr); dan طسم (Q.S. Al Qoshosh dan Q.S.
As Syu’ara).
4.
Terdiri atas empat huruf, terdapat pada dua tempat; yakni المر (Q.S. Ar Ra’du) dan المص (Q.S. Al A’raf).
5. Terdapat atas lima huruf, terdapat pada dua
tempat; كهيعص (Q.S. Maryam) dan حم عسق (Q.S. As Syu’ra).
3) Pembukaan dengan Nida’/panggilan (Al-Istiftaahu
Bin Nidaa’).
a. Nida (panggilan) untuk Nabi يا أيها النبي, yang terdapat dalam Q.S. Al
Ahzab, At Tahrim dan At Thalaq. ياأيها المزمل dalam Q.S. al Muzammil
dan ياأيها المدثر dalam Q.S. Al Mudatsir.
b. Nida (panggilan) untuk kaum mukminin dengan lafadz ياأيها الذين امنوا terdapat dalam Q.S. Al
Maidah, Q.S. Al Mumtahanah dan Al Hujurat.
c. Nida (panggilan0 untuk umat manusia ياأيها الناس terdapat dalam Q.S. An Nisa
dan Q.S. Al Hajj.
4)
Pembukaan dengan Jumlah Khabariyah (Al-Istiftaahu Bil Jumalil
Khabariyyati).
Jumlah khabariyah dalam pembukaan surat ada dua macam, yaitu :
a.
Jumlah Ismiyyah, terdapat 11 surat, yaitu:
·
Surah At-Taubah: ” بَرَاءَةٌمِنَ اللّهِ وَرَسُوَلِهِ “
·
Surah An-Nur: ” سُوْرَةٌ اَنْزَلْنهَا وَفَرَضْنهَا “
·
Surah Az-Zumar: ” تَنْزِيْلُ الكِتبِ مِنَ اللّهِ العَزِيْزِالحَكيْمِ “
·
Surah Muhammad: ” الَّذِيْنَ كَفَرُوَا وَصَدُّوْا عَنْ سَبِيْلِ اللّهِ “
·
Surah Al-Fath: ” إِنَّافَتَحْنَالَكَ فَتْحًا مُبِيْنًا “
·
Surah Ar-Rahman: ” اَلرَّحْمنُ عَلَّمَ الٌقُرْانَ “
·
Surah Al-Haqqah: ” الْحَآقَّةُ مَاالحَآقَّةُ “
·
Surah Nuh: ” إِنَّااَرْسَلْنَانُوْحًاإِلَى
قَوْمِهِ “
·
Surah Al-Qadr: ” إِنَّااَنْزَلْنهُ فِى لَيْلَةِالقَدْرِ “
·
Surah Al-Qaqi’ah: ” أَالْقَارِعَةُ
مَاالْقَارِعَةُ “
·
Surah Al-Kautsar: ” إِنآَاَعْطَيْنَاكَ الكَوْثَرَ “
b.
Jumlah Fi’liyyah, terdapat dalam 12 surat, yaitu :
·
Surah Al-Anfal: ” يَسْئَلُوْنَكَ عَنِ الأَنْفالِ “
·
Surah An-Nahl: ” أَتَى أَمْرُاللّهِ فَلَاتَسْتَعجِلُوْهُ “
·
Surah Al-Anbiya’: ” إِقْتَرَبَ لِلنَّاسِ حِسَابُهُمْ “
·
Surah Al-Mu’minun: ” قَدْاَفْلَحَ الْمُؤْمِنُوْنَ “
·
Surah Al-Qamar: ” إِقْتَرَبَتِ السَّاعَةُوَانْشَقَّ القَمَرُ “
·
Surah Al-Mujadilah: ” قَدْسَمِعَ اللّهُ قَوْلَ الَّتِى تُجَادِلُكَ “
·
Surah Al-Ma’arij: ” سَأَلَ سَآئِلٌ بِعَذَابٍ وَاقِعٍ “
·
Surah Al-Qiyamah: ” لَآأُقْسِمُ بِيَوْمِ القِيَامَةِ “
·
Surah Al-Balad: ” لَآأُقْسِمُ بِهذَالْبَلَدِ “
·
Surah Abas: ” عَبَسَ وَتَوَلَّى “
·
Surah Al-Bayyinah:”لَمْ يَكُنِ الَّذِيْنَ كَفَرُوْامِنْ أَهْلِ الكِتبِ وَالْمُشْرِكِيْنَ
مُنْفَكِّيْنَ “
·
Surah At-Takatsur: ” اَلْهكُمُ الـتَّكَاثُرُ ”
5) Pembukaan dengan sumpah/qasam (Al-Istiftaahu
Bil Qasami).
Terdapat dalam 15 surah, yaitu:
a. Sumpah dengan benda-benda angkasa,
terdapat dalam 8 surah yaitu:
·
Surah Ash-Shaaffat:” وَالصَّفّتِ صَفَّا “
·
Surah An-Najm: ” وَالنَّجْمِ إِذَا هَوَى “
·
Surah Al-Mursalaat: ” وَالْمُرْسَلتِ عُرْقًا “
·
Surah An-Nazi’at: “وَالنَّزِعتِ غَرْقًا “
·
Surah Al-Buruj: ” وَالسَّمَاءِذَاتِ البُرُوْجِ “
·
Surah Ath-Thariq: ” وَالسَّمَاءِوَالطَّارِقِ “
·
Surah Al-Fajr: ” وَالَفَجْرِوَلَيَالٍ عَشْرٍ “
·
Surah Asy-Syams: ” وَالشَّمْسِ وَضُحهَا “
b.
Sumpah dengan benda-benda bawah, terdapat dalam 4
surah yaitu:
·
Surah Adz-Dzariyat: ” وَالذَّارِيتِ ذَرْوًا “
·
Surah Ath-Thur: ” وَالطُّوْرِوَكِتبٍ مَسْطُزْرٍ “
·
Surah At-Tin: ” وَالتِّيْنِ وَالزَّيْتُوْنِ “
·
Surah Al-‘Adiyat: ” وَالْعدِيتِ ضَبْحًا “
c.
Sumpah dengan waktu, terdapat dalam 3 surah yaitu:
·
Surah Al-Lail: ” وَالَّيْلِ أِذَايَغْشَى “
·
Surah Adh-Dhuha: ” وَالضُّحَى “
·
Surah Al-‘Ashr: ” وَالْعَصْرِ “
6)
Pembukaan dengan syarat (Al-Istiftaahu Bis-Syarthi).
Syarat-syarat yang
dipakai Allah sebagai pembukaan surah-surah Al-Qur’an ada dua macam dan digunakan
dalam 7 surah, sebagai berikut:
a.
Syarat yang masuk pada jumlah ismiyah, dipakai diawal 3 surah diantaranya:
·
Surah At-Takwir: ” إِذَالشَّمْسُ كُوِّرَتْ “
·
Surah Al-Infithar: ” إِذَالشّمآءٌفَطَرَتْ “
·
Surah Al-Insyiqaq: ” إْذَالسَّمآءٌانْشَقَّتْ “
b.
Syarat yang masuk pada jumlah fi’liyah, dipakai diawal 4 surah,
diantaranya:
·
Surah Al-Waqi’ah: ” إِذَا وَقَعَتِ الوَاقِعَةِ “
·
Surah Al-Munafiqun: ” إِذَا جَاءَكَالمُنفِقُرْنَ “
·
Surah Az-Zalzalah: ” إِذَازُلْزِلَتِ الأَرْضُ زُلْزَالَهَا “
·
Surah An-Nashr: ” إِذَاجَاءَنَصْرُاللّهِ وَالْفَتْحِ “
7)
Pembukaan dengan fi’il amar (Al-Istiftaahu Bil Amri).
Ada 6 fi’il amar yang dipakai
untuk membuka surah-surah al-Qur’an, yang terdiri dari 2 lafal dan digunakan
untuk membuka 6 surah-surah sebagai berikut:
a.
Dengan fi’il Amar إِقْرَأْ yang hanya untuk membuka
satu surah yaitu Surah Al-‘Alaq.
b.
Dengan fi’il amar قُلْ, yang digunakan dalam 5 surah sebagai berikut:
·
Surah Al-Jinn: ” قُلْ أُوْحِيَ إِلَيَّ أَنَّهُ اسْتَمَعَ نَفَرٌمِنَ الجِنِّ “
·
Surah Al-Kafirun: ”قُلْ يآأَيُّهَاالكفِرُوْنَ ”
·
Surah Al-Ikhlash: ” قُلْ هُوَاللّهُ أَحَدٌ “
·
Surah Al-Falaq: ” قُلْ أَعُوْذُبِرَبِّ الفَلَقِ “
·
Surah An-Nas: ” قُلْأَعُوْذُبِرَبِّ النَّاسِ “
8)
Pembukaan dengan pertanyaan (Al-Istiftaahu Bil Istifhaami).
a.
Pertanyaan positif (Al-Istifhaamu Al-Muhiibiyyu), yaitu bentuk
pertanyaan yang dengan kalimat positif yang tidak ada alat negatifnya. Terdapat
dalam 4 surah yaitu:
·
Surah Ad-Dahru:” هَلْ أَتَى عَلَى الإِنْسَانِ حِيْنٌ مِنَ الدَّهْرِ ”
“ bukankah telah datang atas manusia satu waktu dari masa”.
·
Surah An-Naba’: ” عَمَّ يَتَسآءَلُوْنَ. عَنِالنَّبَإِالعَظِيْمِ ”
“ tentang apakah mereka saling bertanya-tanya. Tentang berita yang besar”.
·
Surah Al-Ghasyiyyah: ” هَلْ أَتكَ حَدَيْثُ مُوْسَى ”
“sudah datangkah
kepadamu berita (tentang) hari pembalasan”.
·
Surah Al-Ma’un: ” أَرَءَيْتَ الَّذِيْ يُكَذِّبُ بِالدِّيْنِ
”
“ tahukah kamu (orang) yang mendustakan agama”.
b.
Pertanyaan negatif, yaitu pertanyaan yang dalam kalimat negatif.
Diantaranya:
·
Surah al-Insyirah: ” أَلَمْ نَشْرَحْ لَكَ صَدْرْكَ “
·
Surah Al-Fiil: ” أَلَمْ تَرَ كَيْفَ فَعَلَ رَبُّكَ بِأَصْحبِ الفِيْلِ “
9)
Pembukaan dengan do’a (Al-Istiftaahu Bid Du’aai).
a.
Do’a atau harapan yang berbentuk kata benda (Ad-Du’aaul Ismiyyu)ada
di 2 surat yaitu:
·
Surah Al-Muthaffifin: “وَيْلٌ
لِلْمُطَفِّفِّيْنَ
”
“ kecelakaan besarlah bagi orang-orang yang curang”.
·
Surah Al-Humazah: ” وَيْلٌ لِكُلِّ هُمَزَةٍ لُّمَزَ ةٌ “
“ kecelakaan bagi
setiap pengumpat lagi pencela
b.
Do’a atau harapan
Biasanya berbentuk kata kerja (Ad-Du’aaul Fi’liyu) membuka
satu surah saja yaitu surah Al-Lahab ” تَبَّــتْ يَدَاأَبِى لَهَبٍ وَتَبَّ “
10)
Pembukaan dengan alasan (Al-Istiftaahu Bit-Ta’lili).
Hanya terdapat dalam surah Al-Quraisy: ” لإِيْلفِ قُرَيْشٍ
”
“karena kebiasaan orang-orang Quraisy”
III. PENDAPAT PARA ULAMA MENGENAI FAWATIH AS SUWAR
1) Mufasir dari Kalangan Tasawuf
Ulama tasawuf
berpendapat bahwa fawatih as Suwar adalah huruf-huruf yang terpotong-potong yang masing-masing diambil dari nama Allah,
atau yang tiap-tiap hurufnya merupakan
penggantian dari suatu kalimat yang berhubungan dengan yang sesudahnya atau huruf itu
menunjukkan kepada maksud yang dikandung oleh surah yang dimulai dengan
huruf-huruf yang terpotong-potong itu.
2) Mufasir Orientalis
Pendapat yang paling jauh menyimpang
dari kebenaran adalah dari seorang orientalis yang bernama Noldeke dari Jerman, yang kemudian dikoreksi,
bahwa awalan surat itu tidak lain adalah huruf depan dan huruf belakang dari
nama-nama para sahabat Nabi. Sebagai contoh beliau pernah berpendapat bahwa Huruf Sin adalah dari nama Sa’ad Bin Abi Waqosh, Mim
adalah huruf depan dari nama
Al-Mughiroah, huruf nun adalah dari nama Usman Bin Affan.
3) Al-Khuwaibi
Al-Khuwaibi mengatakan
bahwa kalimat-kalimat itu merupakan tasbih bagi Nabi. Mungkin ada suatu waktu Nabi berada dalam keadaan sibuk dan lain sebagainya.
4) Rasyid Ridha As-sayyid
Rasyid Ridha
tidak membenarkan al-quwaibi diatas, karena nabi senantiasa dalam keadaan sadar
dan senantiasa menanti kedatangan wahyu.Rasyid ridha berpendapat sesuai dengan
ar-Razi bahwa tanbih ini sebenarnya dihadapkan kepada orang-orang musyrik
mekkah dan ahli kitab madinah.Karena orang-orang kafir apabila nabi membaca
al-Qur’an mereka satu sama lain menganjurkan
untuk tidak mendengarkannya, seperti dijelaskan dalam surat fushilat ayat 26.
5) Mufasir Dari Kalangan Syi‟ah
Kelompok syi‟ah berpendapat bahwa, jika huruf-huruf
awalan itu dikumpulkan setelah dihapus ulangan-ulangannya maka akan berarti :
“Jalan Ali adalah kebenaran yang kita pegang teguh”. Perwakilan itu kemudian dijawab oleh kelompok Ahlus Sunnnah,
dengan pendapat “Benarlah jalanmu bersama kaum Ahlus Sunnah”. Dari pendapat para ahli
tentang Fawatihus Suwar, dapat dilihat bahwa pentakwilan sebuah ayat sangat
banyak macamnya. Hal ini boleh jadi didasari oleh pendidikan dan ilmu-ilmu yang dimilikinya
serta kecenderungan mereka mengkaji Al-Qur’an secara lebih luas.
B. MAKKIYAH WA AL MADANIYYAH
1.
PENGERTIAN
Menurut Al-Zarkasy, Makiyyah adalah ayat yang
turun sebelum hijrah sekalipun turun
di Madinah, dan Madaniyyah adalah ayat yang turun setelah hijrah
meskipun turun di Makkah. Di dalam buku karangan Kamaluddin Marzuki, pengertian Makiyyah dan Madaniyyah tidak jauh berbeda dengan pendapat
Al-Zarkasy. Berikut pengertian Makiyyah dan Madaniyyah dalam buku karangan
Kamaluddin Marzuki:
a)
Makiyyah adalah Ayat-ayat Al-Qur’an yang turun sebelum hijrah, Madaniyyah adalah ayat-ayat Al-Qur’an yang turun sesudah hijrah.
b)
Makiyyah adalah ayat-ayat yang turun di Mekah sekalipun turunnya ayat setelah hijrah. Madaniyah
adalah ayat-ayat yang turun di Madinah.
c)
Makiyyah adalah ayat-ayat yang khitabnya ditujukan kepada penduduk Mekah,
Madaniyah ayat-ayat yang khitabnya ditujukan kepada penduduk Madaniyah.
2. PERBEDAAN CIRI MAKKIYAH dan MADANIYYAH
Dari segi
konteks:
a. Makkiyah
1)
Sebagian besar surat makkiyah dalam penyampaian dengan cara yang
keras dalam konteks
pembicaraan sebab di tunjukkan kepada orang yang mayoritas pembangkang lagi
sombong seperti dalam surat al mudatsir.
2)
Sebagian besar surat makkiyah pendek-pendek dan banyak mengandung
perdebatan (antara para rasul dengan
kaumnya), sebab kebanyakan ditujukan kepada orang-orang yang memusuhi dan menentang,
seperti dalam surat al-thur.
b.
Madaniyyah:
1)
Sebagian besar surat madaniyyah dalam peyampaian dengan cara yang lembut dalam konteks pembicaraan, sebab
ditujukan kepada orang-orang yang mayoritas menerima dakwah, seperti dalam
surat al –maidah.
2)
Sebagian besar surat madaniyyah panjang-panjang dan berisi tentang
hukum-hukum tanpa ada perdebatan, sebab ditujukan kepada orang-orang yang
menerima dakwah, seperti ayat dain( ayat tentang hutang ) padasurat al baqarah
ayat 282. 2. Perbedaan Dari SegiTema: Diantara perbedaan makkiyah dan
madaniyyah ditinjau dari segi temanya adalah:
Dari segi tema:
a.
Makkiyah
Sebagian besar
surat makkiyah berisi pengokohan tauhid dan aqidah yang benar, khususnya
berkaiatan dengan tauhid uluhiyyah dan penetapannya iman kepada hari ke bangkitan, sebab kebanyakan yang
diajak bicara mengingkari halitu.
b.
Madaniyyah
Sebagian besar
surat madaniyyah berisi perincian ibadah-ibadah dan mu’amalah, sebab kebayakan
yang diajak bicara waktu itu jiwanya telah kokoh dengan tauhid dan aqidah,
sehingga membutuhkan perincian tentang berbagai Ibadan dan mu’amalah.
3.
CONTOH SURAT MAKKIYAH dan MADANIYYAH
a.
Surat
yang termasuk Makkiyah ada 91, diantaranya :
Al-‘Alaq,
An-Naml, Al-Qolam, Al-Qoshash, Al-Muzzammil, Al-Isro’,Al Muddatstsir, Yunus,
Al-FatihaH, Hud, Al-Lahab, Yusuf, At-Takwir, Al-Hijr Al-A’la, Al-An’am,
Al-Lail, Ash-Shaffat, Al-Fajr, Luqman, Ad-Dhuha, Saba’, Al-Insyiroh, Az-Zumar,
Al-Ashr, Ghofir, Al-Adiyat, Fushshilat, Al-Kautsar, Asy-Syura, At-takatsur,
Az-Zukhruf, Al-Ma’un, Ad-Dukhan, Al-Kafirun, Al-Jatsiah, Al-Fiil, Al-Ahqof,
Al-Falaq, Al-Adzariyat, An-Nas, Al-Ghosiyah, Al-Ikhlas, Al-Kahfi, An-Najm,
An-Nahl, ‘Abasa, Nuh, Al-Qodar, Ibrahim, Asy-Syams, Al-Anbiya’, Al-Buruj,
Al-Mu’minun, At-Tiin, As-Sajadah, Al-Quroisy, At-Thur, Al-Qori’ah, Al-Mulk,
Al-Qiyamah, Al-Haqqoh, Al-Humazah, Al-Ma’arij, Al-Mursalat, An-Naba’, Qaf,
An-Nazi’at, At-Thoriq, Al-Balad, Al-Qomar, Al-Infithor, Shad, Al-Insyiqoq,
Al-A’rof, Ar-Rum, Jinn, Al-Ankabut, Yasin, Al-Muthoffifin, Al-Furqon,
Al-Zalzalah, Fathir, Ar-Rod, Maryam, Ar-Rohman, Thoha, Al-Insan, Al-Waqiah,
Al-Bayyinah, Asy-Syu’ara
b.
Madaniyah Diantaranya
Al-Baqoroh,
Ali-Imron, Al-Anfal, Al-Ahzab, Al-Mumtahanah, Al-Hujurat, An-Nisa’, At-Tahrim,
Al-Hadid, At-Taghabun, Al-Qital, As-Shaf, At-Tholaq, Al-Jumuah, Al-Hasr,
Al-Fath, An-Nur, Al-Maidah, Al-Hajj, At-Taubah, Al-Munafiqun, An-Nashr,
Al-Mujadilah.
Comments